Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#REDRAW] Romance is a Bonus Book (2019)


Man Temans, Selamat datang!

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung, Pada kesempatan kali ini, kita akan berada dalam segmen #REDRAW (REview DRAma Waw!), yang berisi sekilas info dan review untuk sebuah drama yang telah disaksikan sebelumnyaa.

#REDRAW – Korean Drama




Alih-alih 'Aku Mencintaimu', Soseki Natsume bilang, 'Bulannya Indah'. Itu malam yang mengingatkanku padanya - Eun-Ho

Romance is a Bonus Book (2019) 


Informasi Umum:

  • Judul: 로맨스는 별책부록 / Romaenseuneun Byeolchaekburok / Romance is a Supplement / How to Publish Love / Romance is a Bonus Book
  • Genre: Komedi Romantis, Drama
  • Episode: 16
  • Saluran Tayang: tvN
  • Periode Tayang: 26 Januari – 17 Maret 2019
  • Jadwal Tayang: Sabtu & Ahad 21:00 KST
  • Sutradara: Lee Jung-Hyo
  • Penulis: Jung Hyun-Jung

Pemeran Utama:

  • Lee Na-Young sebagai Kang Dan-Yi
  • Lee Jong-Suk sebagai Cha Eun-Ho
  • Jung Eugene sebagai Song Hae-Rin
  • Wi Ha-Joon sebagai Ji Seo-Jun


Sinopsis:

Cha Eun-Ho (Lee Jong-Suk) adalah seorang penulis jenius dan pemimpin editor termuda di perusahaan penerbitannya. Dia pintar dan tampan. Dia bahkan marah di tempat kerja, tetapi dia memiliki hati yang hangat dan kepribadian yang masuk akal.

Kang Dan-Yi (Lee Na-Young) dulunya adalah copywriter yang populer, tetapi dia tidak lagi. Dia sekarang bangkrut dan menganggur. Meskipun dia mencoba mencari pekerjaan, karena karirnya yang mengesankan dan latar belakang pendidikan yang sangat baik, dia tidak dapat menemukan pekerjaan baru. Akhirnya, Kang Dan-Yi mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan penerbitan dengan berbohong tentang latar belakangnya. Cha Eun-Ho adalah pemimpin redaksi di perusahaan penerbitan itu. Mereka mulai mengembangkan perasaan romantis satu sama lain.

Romance is a Bonus Book OST:

  • Part 1: Jannabi (잔나비) – The Story I Couldn't See  (나는 볼 수 없던 이야기)
  • Part 2: Rothy – Rainbow  (레인보우)
  • Part 3: Roy Kim – All I Do (그대만 떠올라)
  • Part 4: Motte (모트) – I Pray
  • Part 5: The Black Skirts (검정치마) – A Certain Day (어떤 날)
  • Part 6: Son Ho-Young – A Book is You (너라는 책)
  • Part 7: Kim Na-Young – Close I’ll Be (너의 모든 기억속에)
  • Part 8: 
  1. SAya (사야), Kim Ki-Won (김기원) – Happy End
  2. Will Bug (윌벅) – You’re Beautiful
  3. SAya (사야) – Walking on Sunshine
     
Sumber: Asianwiki, Dramawiki

Nge-Review:

Setiap individu punya pendapatnya sendiri, yaa
Sebelumnya, Ai mau minta maaf belum bisa membagi waktu yang pas untuk menulis dan untuk pekerjaan lainnya, tapi akan tetap diusahakan untuk menjadi lebih baik. Nah, review kali ini mungkin agak singkat dulu, lebih kepada akan memberikan hal-hal yang menarik dari drama ini menurut pandangan Ai, dan akan diupdate kemudian untuk review panjang dan berteori, pun mungkin akan dilakukan seperti ini dulu karena banyak sekali drama atau film yang bisa Ai rekomendasikan yang mungkin akan cocok bagi kalian. Hahaha.

Mantemans, kalian mungkin pernah menghabiskan waktu untuk mencari pekerjaan, baik yang mungkin mencari pekerjaan yang lebih baik atau kalian berada di tahap 'yang penting dapat kerja dulu'. Jika seperti itu, kalian bisa menonton drama ini, melihat bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh seorang ibu tunggal yang mencoba mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya. Meski sebenarnya punya latar belakang yang bagus, tidak membuatnya bisa kembali mendukung resume-nya untuk mendapat pekerjaan setelah 7 tahun berhenti.

Aku habiskan 11 tahun menjadi ibu rumah tangga. untuk membesarkan anak dan berhenti bekerja. Aku baru mulai bekerja lagi bulan lalu, setelah 7 tahun. Sebelum aku bergabung dalam penerbit ini, kukira bisa lakukan yang terbaik jika ada yang merekrutku. Namun, saat aku mendapat pekerjaan, tiba-tiba aku merasa takut. Aku tak tahu apa bisa bekerja dengan baik. Bagaimana jika tak bisa? Aku cemas. Tapi, pikiran itu menghilang begitu aku melakukannya. Saat aku mulai lakukan pekerjaanku, ketakutan itu menghilang. Yang tersisa hanya tekadku untuk menjadi lebih baik. Sekarang aku menikmati pekerjaanku. Aku sangat ingin bekerja drngan baik. - Dan-Yi

Perjuangannya untuk mendapat pekerjaan sampai dengan mempertahankan pekerjaannya membuat Ai tertarik menonton drama ini, sulit, kembali mulai dari awal lagi, bahkan menjadi tim pendukung saja itu sudah sangat disyukurinya. Tidak perlu berbangga hati dengan segala yang pernah dicapai, ketika itu sudah tidak dihargai atau bahkan tidak dibutuhkan oleh para pemberi pekerjaan, maka kita dengan berat hati berkata 'bye-bye'.

Aku memulai lagi dengan pekerjaan yang sepele dan pekerjaan yang memang tugasku. Aku belajar bekerja lagi. Walau aku pikir sudah tahu, aku ulang lagi karena aku pegawai baru. - Dan-Yi

Tidak bisa menyalahkan antara pelamar dan pemberi pekerjaan, namun setidaknya, mereka bisa bertindak sesuai dengan apa yang telah mereka lihat dibandingkan apa yang telah mereka pikirkan bahkan jika menilai dari sesuatu yang belum menjamin sebuah keterampilan. Selain perjuangannya menjadi pekerja, karena latar belakang dari drama ini adalah perusahaan penerbit, maka akan memperlihatkan proses dibalik layar buku yang dijual di toko-toko sekitar kita, cocok untuk kalian yang suka membaca atau bahkan menulis buku. Drama ini juga menghadirkan sebuah rahasia yang menyedihkan, serta romansa yang cukup membuat kalian (penggemar drama romance) merasa gregetan. Maaf, pesona Ji Seo-Jun terlalu memikat untuk AI. Haahahahha.

Yang paling Ai suka adalah drama ini berisi beberapa kutipan yang relate dengan kehidupan sehari-hari kita, mulai dari tentang perjuangan sampai hal yang membahagiakan. Sejujurnya, Ai mendapat beberapa pembelajaran serta kisah yang mirip dengan yang Ai alami saat ini. Dari drama ini, Ai jelas mendapat sesuatu yang mungkin juga akan kalian dapatkan. Hehehe..

Untuk Eun-Ho, putraku tersayang. Sudah lama sejak aku membuka mataku untuk melihat dunia, dan ternyata ini masih tengah malam. Masih gelap, namun, aku tak lagi takut. Alih-alih banyak orang mengingatku sebagai pria yang mengidap penyakit, aku ingin mereka berpikir bahwa aku hilang, maka aku tak akan dilupakan. Tapi aku sadar aku sangat bodoh.
Mulai sekarang, aku tak bisa gunakan ototku dan akan kehilangan ingatanku. Aku akan kehilangan segalanya dan perlahan mati. Tapi itu bagian hidupku yang tak bisa kuabaikan. Kini aku sadar bahwa itu hal yang harus kuterima. Aku ingin hidupku menjadi cerita yang bisa dibaca orang lain.
Aku tak percaya bahwa sebuah buku bisa mengubah dunia. Namun, aku masih ingin bilang kepadamu untuk menjadi seseorang yang seperti buku. Sebuah buku mungkin tak bisa mengubah dunia, tapi aku yakin itu akan meninggalkan kehangatan dalam hati seseorang. Seperti kau bersembunyi diantara kalimat sebuah buku saat tersesat. Seperti aku bertemu sebuah buku bernama Eun-Ho dan ditawarkan ketenangan hangat pada saat-saat terakhir hidupku.
Aku ingin kau menjadi sebuah buku yang menenangkan orang lain, seperti padaku. Aku ingin kau bertemu orang-orang dan hidup dengan ketulusan di dalam lubuk hatimu. Sebuah buku mungkin tak bisa mengubah dunia atau kehidupan seseorang. Tapi buku yang bagus pasti akan dibaca oleh banyak orang. Kemudian, sedikit demi sedikit, itu akan menghangatkan hati orang-orang.
Eun-Ho, kau selalu melindungiku meskipun dengan semua rumor yang terus menyebar. Aku berdoa agar kau juga bisa mendapatkan ketenangan dengan bertemu seseorang yang seperti buku. - Penulis Kang
Salah satu kutipan yang bisa menjadi motivasi untuk kalian yang senang menulis dan merasa ragu untuk mengirimkan karya kalian ke penerbit atau ingin menerbitkan sendiri, kalian bisa menjadikan kutipan ini sebagai pegangan kalian untuk berkarya dengan ikhlas.
Walau bukunya tak laku, sebagian buku layak untuk dibagikan pada dunia. Walau tak semua pembaca membacanya, buku itu akan menjadi harta bagi pembacanya. - Eun-Ho
Mereka yang ingin menjadi pemberi pekerjaan, mungkin bisa menerapkan sistem ini, atau bisa membuat kombinasi yang pas untuk proses rekrutmen-nya. Semangat bekerja.
Mulai sekarang, Penerbit Gyeoroo akan menerapkan sistem rekrutmen buta. Latar belakang pendidikan, usia, dan pengalaman kerja tak akan jadi faktor. Kita akan merekrut berdasarkan bakat mereka. - Go Yu-Seon

Bonus Asumsi Ai:

Asumsi 1: Relasi Judul dan Drama

Romance is a Supplement / How to Publish Love / Romance is a Bonus Book. Jika dilihat dari kalimatnya, sudah jelas orang akan mengira jika yang mengambil peran penting di sini adalah romansa, yang tidak akan jauh dari pasangan yang terdiri dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Tapi, menurut Ai, romansa dalam drama ini, tidak melulu soal itu, kalau kita berpaku pada pandangan yang seperti itu, jelas bagi mereka yang tidak menyukai drama 'menye-menye' akan menganggap drama ini tidak termasuk dalam list drama mereka. Namun, jika kita menjelajah lebih dalam lagi, banyak arti dari kata 'Romance' atau 'Love' dalam judulnya, mari kita tidak melihat pelakunya namun lebih kepada interaksi yang terjadi. Kalau kita berfokus pada interaksinya, maka sangat jelas dalam setiap episode drama ini menunjukkannya.

Suasana yang indah dalam kehidupan para tokoh dalam drama ini bisa Ai jabarkan sebagai sebuah romansa yang indah, bagaimana mereka saling mendukung satu sama lain. Jika dikaitkan dengan judulnya maka menurut Ai memang sangat berelasi, bagaimana setiap hubungan antara pemainnya bisa saling mendukung dan yaa dapat dikatakan sebagai buku bonus bagi siapa saja yang memilikinya. Kenapa buku bonus? karena tidak semua bisa memberikan romansa yang pas untuk orang lain, maka ketika kita mendapatkannya, sudah jelas itu adalah sebuah bonus dari apa yang diperjuangkan dari para pelakunya.

Itulah asumsi Ai untuk drama ini, ya semoga semuanya dapat diterima oleh Man Temans. Kalau ada pendapat lain, cus bisa dikemukakan dikomentar.

Asumsi 2: Ending

Tidak ada Asumsi Ending dalam drama ini, karena menurut Ai, Endingnya sudah sangat jelas seperti titik hitam di atas kertas putih ataupun sebaliknya. Jadi, Ai hanya bisa memberikan sebuah pernyataan bahwa, setiap orang akan menemukan romansanya masing-masing jika memang mereka berusaha untuk saling memahami satu sama lain. Baik itu untuk seseorang secara pribadi maupun orang-orang yang selalu berada bersama mereka, seperti, Keluarga, Sahabat, dan Teman Sepermainan.

Happy Ending, Keutt ~ ~ ~

Jadi, tinggal Man Temans yang menentukan. Yes or No?

Mungkin cukup sekian dari Ai, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin man temans tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada di bawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, selamat berkunjung kembali.
Ai (아이)
Ai (아이) Seorang amatiran yang mencoba menulis hal yang disukainya.

Post a Comment for "[#REDRAW] Romance is a Bonus Book (2019)"