Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#REDRAW] Team Bulldog: Off-duty Investigation (2020)



Man Temans, Selamat datang!

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung, Pada kesempatan kali ini, kita akan berada dalam segmen #REDRAW (REview DRAma Waw!), yang berisi sekilas info dan review untuk sebuah drama yang telah disaksikan sebelumnyaa.

#REDRAW – Korean Drama



Kau ingin membentangkan sayapmu dengan mematahkan sayap orang lain. – Jin Kang-Ho

Team Bulldog: Off-duty Investigation (2020) 


Informasi Umum:

  • Judul: 번외수사 / Beonoisoosa / Further Investigation / Team Bulldog: Off-duty Investigation
  • Genre: Crime, Detective, Action, Comedy
  • Episode: 12
  • Saluran Tayang: OCN
  • Periode Tayang: 23 Mei – 28 Juni 2020
  • Jadwal Tayang: Sabtu & Ahad 22:50 KST
  • Sutradara: Kang Hyo-Jin
  • Penulis: Lee Yoo-Jin

Pemeran Utama:

  • Cha Tae-Hyun sebagai Jin Kang-Ho
  • Lee Sun-Bin sebagai Kang Moo-Young
  • Jung Sang-Hoon sebagai Lee Ban-Suk
  • Yoon Kyung-Ho sebagai Teddy Jung
  • Ji Seung-Hyun sebagai Tak Won

Pemeran Pendukung:

  • Park Jung-Woo sebagai Min Dae-Jin
  • Park Tae-San sebagai Manson
  • Jang Jin-Hee sebagai Yeon Jang
  • Im Chul-Hyung sebagai Seo In-jae

Sinopsis:

Jin Kang-Ho (Cha Tae-Hyun) adalah seorang detektif yang antusias dan efektif. Dia mencoba menangkap penjahat dengan cara apa pun yang diperlukan. Dia juga tidak akur dengan detektif lain. Kang Moo-Young (Lee Sun-Bin) adalah PD yang antusias dari program investigasi TV. Program ini mencoba menangkap penjahat yang tidak bisa dilakukan oleh polisi. Kang Moo-Young jujur, tapi dia akan mengambil risiko untuk mengungkapkan kebenarannya. Jin Kang-Ho dan Kang Moo-Young secara tak terduga bertemu saat menginvestigasi kasus.

Akhirnya, seorang detektif polisi yang gigih, Jin Kang-Ho, PD yang antusias dari acara investigasi TV, Kang Moo-Young, mantan profiler kriminal, Tak Won (Ji Seung-Hyun), pejuang legendaris, Teddy Jung (Yoon Kyung-Ho), dan mantan ahli patologi yang hebat, Lee Ban-Suk (Jung Sang-Hoon) bekerja sama untuk memecahkan kasus-kasus dingin (yang belum terpecahkan).

Team Bulldog: Off-duty Investigation OST:

  • Part 1: Kim Jong Seo – Off-Duty Investigation (번외수사)
  • Part 2: C-Tru feat. Lenny Harold – Take on The World
  • Part 3: Tymee (타이미) – Bring it on!
  • Part 4: Ziki (지키), The King (더킹) – Fighter
  • Part 5: Lee Sun Bin – Savage Killer
  • Part 6: Hong Cha (홍차) feat. Boo Hyun Suk (부현석) – Takedown
  • Part 7: High Bro (하이브로) – Last Scene
  • Part 8: SuperBee (수퍼비) feat. KidkKidk – One Life
  • Part 9: Arie Band (아리밴드) - Bang Bang (뱅뱅)
  • Part 10: Lee Hyun Sub (이현섭)  – Beyond the Memory (기억 저편에)
  • Part 11: Hanarumi (하나루미) – Run in
  • Part 12: Soul Sapiens (소울사피엔스) feat. Voiceoil (보이스오일) - My turn

Penyelidikan sebenarnya dimulai di luar garis polisi - Team Bulldog: Off-duty Investigation

Nge-Review:

Setiap individu punya pendapatnya sendiri, yaa
Mantemans, entah sudah berapa lama blog ini sempat tak terisi lagi dengan celotehan Ai yang selalu bersemangat untuk membahas sebuah drama. But, agaknya Ai perlu mengubah sesuatu yang bisa membuat nyaman semua pihak, biar tidak asal ketuk palu. *udah pantes nyalon gak ya?

Ai ingin sedikit curhat kepada kalian, akhir-akhir ini waktu luang belum berpihak pada Ai. Sehingga  solusi yang Ai pilih adalah membuat waktu tetap pada tempatnya, namun Ai yang harus berusaha untuk berpihak kepadanya. *Apaan sih?

Okay, tak perlu berlama-lama lagi, Ai langsung saja memberikan 3+ (tiga atau lebih) poin penting dalam drama ini untuk jadi bahan pertimbangan kalian. Apakah kalian akan setuju dengan pendapat Ai atau tidak? Tapi tetap diakhir Ai akan memberikan kesimpulan yang diambil dari lubuk hati yang paling dalam tentang penilaian Ai terhadap drama ini. Let's go! 

Profesi karakter utama yang super lengkap dalam sebuah tim investigasi.

Yang pertama dan yang paling utama adalah karakter yang ada dalam sebuah drama. Jadi, untuk sebuah drama ber-genre kriminal, ada beberapa karakter yang sangat dibutuhkan selain dari pemeran dalam kasus itu sendiri. Tim dalam drama ini berisi orang-orang dengan karakter yang berbeda, namun punya satu tujuan yang serupa.

Seorang detektif (Jin Kang-Ho) yang kurang mendapat dukungan dari rekan kerjanya dalam menyelesaikan sebuah kasus, bertekad kuat untuk menghukum orang-orang yang salah, namun kadang bersikap tempramental, dan yang paling penting, dia menjadi penanggung jawab finansial dalam tim. 

Dia bokek, Tapi di atas kertas, dia kaya. - Ibu Jin Kang-Ho.

Sutradara program investigasi (Kang Moo-Young) yang sangat pemberani namun penuh ide menjadi rekan kerja dalam menuntaskan kasus kriminal sang detektif, yang tujuan awalnya adalah untuk mendapatkan rating yang tinggi agar acaranya tidak dihentikan.

Mantan profiler (Tak Won) terbaik di Korea Selatan. Dalam menyelesaikan sebuah kasus, ada kalanya seorang profiler mengeluarkan pendapatnya untuk menggambarkan perilaku dari sifat, kecenderungan bahkan perawakan pelaku, biasanya mereka memiliki dasar dari bidang psikologi. 

Ahli patologi (Lee Ban-Suk) atau tim autopsi mayat yang sangat ahli. Siapa yang tidak membutuhkan analisis dari seorang dokter yang memeriksa mayat? tentu saja itu menjadi bagian penting dalam menyelesaikan kasus apalagi untuk kasus yang sudah lama. Seorang ahli akan tetap menjadi ahli.

Dan yang paling penting adalah dibutuhkannya seseorang yang kuat dan tak terkalahkan sebagai bagian penting untuk melindungi yang lemah. Mantan mafia (Teddy Jung) yang sudah insyaf selalu menjadi penyelamat, meski kadang sedikit terlambat karena kesibukannya membuka bar bersama karyawannya yang lain.

Jadi, tim ini Ai bilang sangat kompleks, silakan jabarkan bagaimana mereka bekerja. Hahaha...


Kasus kecil ke kasus pembunuh berantai.

Bagi kalian yang suka dengan kasus pembunuh berantai, maka drama ini bisa dijadikan pilihan. Kasus-kasus dalam drama ini tidak sembarangan, dimulai dari kasus yang mungkin tergolong 'biasa saja' sampai ke kasus puncak 'pembunuh berantai' akan membuat kita ikut dalam proses investigasinya. Meski ada yang berpendapat jika penyelesaian kasus dalam drama ini tergolong lambat, namun menurut Ai itu menjadi salah satu poin penting, karena penonton bisa ikut dalam menganalisis segala kemungkinan yang ada. Apalagi untuk kasus terakhir, Ai akan memberikan jempol untuk kalian yang berhasil menebaknya. Hahahaha...

Sedikit bocoran, kasus-kasus dalam drama ini berada dalam kategori yang berbeda, ada kasus yang ringan, ada yang kekanak-kanakan, ada yang membuat tercengang, dan pastinya ada yang membuat keyakinan kita goyah dalam menerka sang pelaku.

Orang mengakses internet untuk kabur dari kenyataan tiap kali kesepian atau terasingkan – Tak Won

 

No Romance tapi Bro-Sis Romance-nya mantap.

Ada beberapa diantara kalian mungkin akan merasa hambar, jika sebuah drama tidak mengandung hal yang romantis, tapi ada beberapa juga yang malah merasa hal itu menjadi sebuah keistimewaan tersendiri. Ai sendiri menyukai keduanya jika dan hanya jika cocok dengan keseluruhan tema drama. Untuk drama ini, memang lebih baik tidak ada romance, karena akan mengganggu keseluruhan inti cerita yang misterius.

Tak ada romance, maka chemistry mereka akan dipertanyakan. Dari kacamata Ai, para pemerannya bukan orang baru dalam bermain peran, meraka semua terlihat kompak dengan keunikan mereka sendiri. Selain tim yang campur-aduk ini, kekompakan mereka dengan yang lain pun patut ditunggu, seperti kedekatan sang pemilik bar dan karyawannya, Sutradara dengan adiknya, Detektif dengan rekan kerjanya juga yang lainnya.

 

Serius-Serius-Kocak. Banyak motivasi dengan penyampaian yang menggemaskan.

Jangan sampai kalian mengira drama ini merupakan drama investigasi yang memusingkan otak untuk dipecahkan. Memang iya, tapi tetap saja ada hal yang membuat kalian tertawa, dari hal yang paling receh sampai yang kocak. Intinya, tim ini tidak digambarkan sebagai tim yang keren dengan adegan yang memukau setiap kali mengakhiri sebuah kasus, mereka selalu saja gagal untuk bersikap seperti itu.  

Yang uniknya lagi, drama ini memberikan banyak sekali pembelajaran hidup atau motivasi di sela-sela penyelesaian kasusnya, tapi yaaaa... dengan pembawaan yang bisa dibilang keseriusannya agak tersembunyi dan disaat yang tidak disangka-sangka.

Yaa intinya dibalik kasus yang agak sadis, ada banyak tawa dalam peran mereka bahkan dalam keadaan yang serius saat ingin menangkap pelaku, ada saja tingkah yang buat kita tertawa. Penasaran? Langsung ditonton saja yaaa ...

Aku tak sudi membeli cinta dengan uang, karena aku punya harga diri. - Detektif Jin

 

Klub 12 episode.

Akhir-akhir ini, beberapa drama TV kabel mengambil langkah baru dengan mengurangi jumlah episode dalam satu drama. Entah ini ada hubungannya dengan yang terjadi pada dunia saat ini, atau memang merupakan strategi promosi dan sebagainya. 12 Episode bisa membuat orang tertarik untuk menonton dramanya, namun ada juga yang mungkin akan merasa kurang. Untuk drama ini, Ai merasa 12 episode ini 'cukup'. Cukup dalam artian penyelesaian kasus mereka terasa pas, semakin tinggi kesulitan kasus, semakin kita dibuat bolak-balik melihat banyak kemungkinan, namun banyak hal yang kurang diekspos, termasuk sikap sang Detektif terhadap ayahnya atau bagaimana nasib junior sang Sutradara yang angkuh bin ngeselin itu, serta masih banyak lagi. Berharapnya ada kelanjutan kisah mereka dengan orang yang sama!


Team Bulldog: Off-duty Investigation.

Bulldog merupakan anjing yang agresif dan tangguh karena dipelihaara sebagai anjing adu/petarung. Kemudian sekitar tahun 1835, Bulldog dipelihara dan dibiakkan menjadi anjing sahabat. Saat ini Bulldog dikenal sebagai anjing sahabat yang baik, tidak agresif walaupun tampangnya menyeramkan. Bulldog banyak digunakan sebagai lambang keberanian dan ketangguhan di militer maupun anjing nasional kebanggaan Inggris.

Seperti halnya tim ini, keberanian dan ketangguhan mereka dalam menyelesaikan sebuah kasus sanggup membuat mereka yang berwenang dan tak melakukan apa-apa tertunduk malu. Mereka terlalu bahkan melewati berbagai rintangan untuk sebuah tujuan yang sangat mulia. Tim ini juga tidak agresif terhadap sesamanya meski tampang mereka juga tidak menyeramkan sih. Hahahhaa...

Hal yang dikutip dalam drama ini adalah mereka melakukan investigasi ini pada saat tidak bertugas atau diluar teritorial profesi mereka. Mereka mengerjakan kasus yang seharusnya bukan tanggung jawab sang Detektif (diskors dari pekerjaannya), Sutradara pun melakukan hal yang tak sesuai dengan bidangnya saat diluar keharusannya untuk bekerja (diluar jam kerja), mantan Profiler yang menjadi pengusaha MLM dan mantan Ahli Patologi yang menjadi perias mayat (diluar profesi saat ini) serta mantan Mafia yang sedang mengisi waktu luang sebelum barnya buka (diluar jam kerja). Intinya mereka melakukan investigasi kasus saat mereka tidak bertugas atau bisakah Ai bilang mereka melakukan pekerjaan sambilan diluar dari pekerjaan mereka seharusnya. Hahaha ...

Jadi, bisa disimpulkan bahwa mereka melakukan investigasi lebih dalam dan lebih jauh lagi untuk menyelesaikan sebuah kasus yang diluar dari tugas dan tanggung jawab sebagai pekerjaan paruh waktu mereka saat sedang tidak bekerja.

Sebenarnya mereka orang-orang hebat, namun entah apa yang terjadi sehingga sebagian dari mereka keluar dari bidang ahlinya. Yaa, mungkin dibalik itu, ada sebuah pembelajaran tentang kehidupan.

Astaga, Hasil saja yang dipedulikan, prosesnya tidak? – Jin Kang-Ho

 
Jadi, tinggal Man Temans yang menentukan. Yes or No?  Kalau Ai mah suka-suka aja kok, yang sependapat, cuuusss. 😎😎

Mungkin cukup sekian dari Ai, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin man temans tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada di bawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, selamat berkunjung kembali.



Ai (아이)
Ai (아이) Seorang amatiran yang mencoba menulis hal yang disukainya.

Post a Comment for "[#REDRAW] Team Bulldog: Off-duty Investigation (2020)"