Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[#REDRAW] I'm Not a Robot (2017)


Man Temans, Selamat datang!

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung, Pada kesempatan kali ini, kita akan berada dalam segmen #REDRAW (REview DRAma Waw!), yang berisi sekilas info dan review untuk sebuah drama yang telah disaksikan sebelumnyaa.

#REDRAW – Korean Drama


Seseorang dapat disembuhkan saat menemukan seseorang yang benar-benar bisa dipercaya. Pikiran manusia itu menarik, bukan?” – Dokter Oh

I'm Not a Robot (2017)

Informasi Umum:

  • Judul: 로봇이 아니야 / Roboti Aniya / I'm Not a Robot
  • Genre: Sci-fi (Science Fiction), Komedi Romantis, Melodrama 
  • Episode: 32
  • Saluran Tayang: MBC
  • Periode Tayang: 06 Desember 2017 – 25 Januari 2018
  • Jadwal Tayang: Rabu & Kamis 21:55 KST (2 episode per hari)
  • Sutradara: Jung Dae-Yoon
  • Penulis: Kim Seon-Mi

Pemeran Utama:

  • Yoo Seung-Ho sebagai Kim Min-Kyu 
  • Chae Soo-Bin sebagai Jo Ji-A & Aji 3 
  • Uhm Ki-Joon sebagai Hong Baek-Gyun

Sinopsis:

Min-Kyu (Yoo Seung-Ho) adalah pemegang saham terbesar dari sebuah perusahaan keuangan. Dia tampan dan cerdas, tetapi dia hidup dalam pengasingan karena alerginya terhadap manusia. Sementara itu, Ji-A (Chae Soo-Bin) adalah pengusaha yang bercita-cita tinggi dan bekerja sebagai pembelanja pribadi. Mantan pacar Ji-A Baek-Gyun (Uhm Ki-Joon) adalah pengembang robot android terkenal di dunia. Kreasi terbarunya adalah android Aji 3, yang ia bangun dengan penampilan fisik yang sama dengan Ji-A, tetapi kecelakaan telah menghancurkan Aji 3. Yang membuat keadaan menjadi lebih buruk, ia telah menerima pesanan untuk Aji 3 dari Min-Kyu dengan janji lebih banyak uang investasi jika dia puas. Berada dalam kesulitan seperti itu, Baek-Gyun menawarkan uang kepada Ji-A jika dia akan pergi ke rumah Min-Kyu dan berpura-pura menjadi Aji 3. Ji-A yang membutuhkan uang menerima tawaran itu.

I’m Not a Robot OST:

  • Part 1: Sung Hoon (성훈) of Brown Eyed Soul (브라운 아이드 소울) – Something
  • Part 2: Stella Jang – Do You Know Me (날 알아줄까)
  • Part 3: Kim Yun-Ji – The Words in My Heart (마음의 말)
  • Part 4: Damsonegongbang (담소네공방) – I Love With All My Heart (마음 다해 사랑하는 일)
  • Part 5: Juniel - I'm Standing Here (여기 서 있어)
  • Part 6: Vincent Blue (빈센트 블루) - Slow Down (천천히 할래)
  • Part 7: The Hidden (더 히든) - Say For a Million Times (천 번을 말해도)
Sumber: Asianwiki, Dramawiki

Nge-Review:

Setiap individu punya pendapatnya sendiri, yaa
Semakin lama berada #dirumahaja, semakin banyak waktu yang tersedia untuk kegiatan memanjakan diri, salah satu hal yang bisa kalian kerjakan adalah menonton drama. Hmm… Membosankan ah! Eits, tunggu dulu, kalian salah. Menonton drama memang harus sesuai selera, ya mungkin kalian akan memilah-milah drama yang akan kalian nonton, ada yang lihat dari sutradara, penulis, pemain, synopsis sampai genre-nya pun harus disesuaikan. Tenang, Ai punya salah satu solusinya.  Yuk ikuti review Ai di episode kali ini. Hahaha.😁😁

Hellowww, this is Ai speaking! Ai sangat-sangat antusias di episode kali ini. Kalian mungkin bisa menebaknya. Yup! Ai suka sangat dengan aktor cilik, yang sekarang sudah ganteng nan rupawan, Yoo Seung-Ho 😎. Hampir semua drama yang dia mainkan, Ai tak pernah alpa. Ya, emang aktingnya yang menjiwai dan sangat-sangat karismatik 👀. Upsss… Kehadirannya dalam drama ini memang bisa dijadikan nilai plus, namun tetap juga banyak hal menarik yang bisa Ai bahas untuk drama ini.

Sci-fi atau Science Fiction merupakan genre yang cukup unik dan fresh untuk sebuah drama dipadu dengan genre komedi romantis membuat Ai merasa tertarik dengan drama ini. Eh bentar, drama ini juga punya genre melodrama, gimana ceritanya? Ya, gak masalah sih, dalam 16 episode bisa terjadi banyak hal dan dapat digolongkan menjadi beberapa genre. Tapi jangan terlalu fokus dengan genrenya. Menurut Ai, poin utama dalam menonton drama adalah bagaimana menikmati drama itu sendiri dan poin tambahannya adalah mendapatkan pelajaran yang bermanfaat. Next…👇

Kim Min-Kyu (Yoo Seung-Ho) menjalani kehidupan mewah namun terisolasi karena alergi parah terhadap kontak fisik dengan manusia lain. Dia mengalami ruam ekstrem yang menyebar dengan cepat ke seluruh tubuhnya kapan pun melakukan kontak kulit. Min-Kyu ingin menjaga rahasia, agar tidak ada seorangpun yang tahu mengenai penyakitnya, termasuk sahabat baiknya. Akhirnya dia memilih mengerjakan pekerjaannya di rumah dan keluar saat terdesak saja dengan dilengkapi sarung tangan dan tongkat untuk pertahanan diri, rumor yang beredar mengenai diri adalah Si Tongkat Berkaki Tiga. Hahaha...😊 Karena hidup sendiri, dia hanya ditemani oleh miniatur robot dan robot yang dapat melakukan pekerjaan rumah. Dia bahkan memberikan nama dan merayakan ulang tahun untuk robotnya tersebut, sehingga tergambar jelas bahwa Min-Kyu hanya seorang manusia polos yang tidak terlalu mengenal dunia luar. Yaah, kasiannn 😟.
Jika dunia berakhir dan hanya satu orang yang tersisa, itu pasti aku. Aku punya keterampilan untuk hidup dalam kesendirian – Kim Min-Kyu
Jo Ji-A (Chae Soo-Bin) sedang berusaha untuk menciptakan bisnis berdasarkan penemuannya, terutama dua lampu berbentuk jaringan. Namun, pekerjaan yang membuatnya berguna adalah menjadi seorang agen yang diminta untuk mendapatkan barang-barang limited edition. Min-Kyu yang tidak bisa berada di tengah banyak orang meminta jasa Ji-A untuk membelikannya sebuah miniatur. Nah, saat itulah pertemuan pertama mereka yang tidak memberikan kesan yang baik.

Kim Min-Kyu memiliki perusahaan KM Financial yang membawahi tim Santa Maria dipimpin oleh profesor Hong Baek-Kyun (Uhm Ki-Joon). Tim Profesor Hong secara diam-diam menciptakan robot humanoid tingkat lanjut yang disebut Aji 3 yang terlihat seperti mantan pacarnya, Jo Ji-A (nama robot itu adalah Ji-A dieja terbalik). Prof. Hong mengirimkan demo Aji 3 ke kediaman Min-Kyu dengan harapan, dia dapat melunasi pembayaran yang telah ditetapkan dalam kontrak dan dapat berinvestasi pada hasil karyanya. Min-Kyu yang memang membutuhkan robot menjadi tertarik dan mengunjungi Tim Santa Maria.

Aji 3 merupakan robot manusia yang dapat menyala otomatis dengan baterai yang ditempatkan di anggota tubuhnya yang mirip dengan manusia, dayanya akan terisi penuh setelah 3 jam pengisian. Masing-masing tangan mampu mengangkat beban 30 kg, bisa mendeteksi berbagai aroma dengan alat sensor, bisa mengenali objek dengan sensor peraba. Robot ini memiliki 20 fungsi termasuk analisis saham, akuntansi dan Bahasa asing. Serta yang paling utama adalah bisa membaca ekspresi wajah dan merasakan emosi. Punten, itu robotnya boleh buat Ai nda? Hahaha… 😀 Sempat kebayang sih, bagaimana nantinya jika memang ada robot seperti Aji 3 di dunia ini.

Min-Kyu yang tidak mau bertingkah gegabah meminta waktu agar menguji Aji 3, untuk memutuskan apakah akan memberi dana pada tim Santa Maria. Tapi sebelumnya, dia perlu mengadakan rapat dan mendapati fakta bahwa CEO KM Financial, Hwang Yo-Cheol (Kang Ki-Young) dan ayahnya mencoba menjual tim Santa Maria kepada investor asing, John Martin dari Grup Bold, yang telah belajar tentang Aji 3 dan ingin menggunakannya sebagai senjata. Tanpa diketahui yang lain, Min-Kyu ternyata mempunyai informan perusahaan tersembunyi yang disebut Madam X.

Tim Santa Maria pun dengan yakin bahwa Aji 3 akan lulus tes kelayakan. Agar mendapat kesan yang baik dan performa yang juga baik, semua komponen dalam Aji 3 akan diganti. Namun, kejadian tak terduga yang disebabkan satu tetes air merusak mekanisme internal penting yang ada dalam Aji 3. Tidak ingin usahanya berakhir sia-sia, Prof. Hong mendekati Jo Ji-A, memintanya untuk bekerja paruh waktu sebagai robot, memberi waktu pada tim untuk memperbaiki Aji 3. Jo Ji-A akhirnya setuju dan menyamar sebagai Aji 3 di bawah pengawasan tim Santa Maria dan otak komputer robot. Sayangnya Ji-A belum mengetahui bahwa yang menjadi pengujinya nanti adalah Kim Min-Kyu. Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah alergi Min-Kyu akan bereaksi dengan Ji-A yang menyamar sebagai Aji 3? Apakah Tim Santa Maria akan di Kalian bisa menemukan jawabannya di dalam drama ini. Boleh ditonton Man Temans.

Dari teasernya, yang bisa kalian lihat di media sebelah😅, sudah terlihat akan ada babak komedi dalam drama ini dan itu benar-benar terjadi dong. Tingkah laku Min-Kyu yang seperti anak kecil dengan segala kepolosannya, bayangkan saja dengan semua tes yang dia berikan pada Aji 3 palsu, masih dengan polosnya berpikir bahwa Aji 3 yang dihadapannya benar-benar robot. Mau ngatain tapi sayang, 😎 Hahaha… Tapi rada kagum juga, karena ada saja hal logika yang bisa menjelaskan pemikiran singkat Jo Ji-A saat dites. Pokoknya seru loh. Masih mau ditambah? Boleh banget. Tim Santa Maria juga karakter yang membangkitkan komedi dalam drama ini. Diketuai oleh Prof. Hong, beserta rekannya, Pai, Hoktal dan Ssanip. Kelakuan mereka patut ditunggu dengan karakter mereka masing-masing.

Kisah keluarga Kim Min-Kyu juga banyak memberi pelajaran bagi kehidupan. Tidak ada yang bisa memberi jaminan, mereka yang berada di sekitarmu adalah orang yang dapat dipercaya. Semua bisa berubah menjadi musuh dalam sekejap. Dengan peringatan dari Madam X, setidaknya, Min-Kyu bisa menjalani hidupnya seorang diri dan terus waspada dengan orang-orang di sekitar termasuk sahabatnya. Lalu? Apakah tak ada seorang pun yang membantunya apalagi dengan alergi yang dimilikinya? Tenang, Min-Kyu punya beberapa orang kepercayaan.

Mari kita bahas. Pertama, Madam X, seperti yang Ai sebut-sebut di atas, sosok Madam X ini merupakan sosok yang misterius yang selalu membantu Min-Kyu dalam hal menyediakan informasi seputar perusahaannnya. Siapakah dia? Kedua, Dokter Oh, dokter yang senantiasa membantu mengobati penyakitnya, secara berangsur-angsur. For the fact aja, dokter Oh ini pernah bekerja sama dengan Min-Kyu di drama lain dan hubungannya dalam drama pun berkebalikan dari drama ini. Jadi, maaf pak dokter sudah hampir salah sangka 🙇, Ketiga, Kepala Pelayan Sung, yang punya peran dalam membantu Min-Kyu dalam urusan rumah tangga. Bisa dibayangkan, bagaimana jika Min-Kyu tidak didampingi oleh mereka? Gak kebayang dong. Ah iya, Kepala Investigasi dari perusahaannya, Jo Jin-Bae, yang selalu dihasut agar berpindah haluan dari Min-Kyu akan masuk list atau tidak? Bagaimana dengan tim Santa Maria?

Mengenai alergi yang dialami Min-Kyu sendiri, mungkin ada yang bingung sebenarnya ini penyakit apa sih? Menurut pendapat Ai, yang minim pengetahuan tentang kedokteran, penyakit Min-Kyu agaknya berkaitan dengan psikis, penyakitnya muncul karena dia dilukai orang-orang yang dipercayainya saat itu dan bagaimana dia tidak bereaksi terhadap Aji 3 palsu, ya karena yang diyakini Min-Kyu, Aji 3 hanya sebuah robot, sehingga tidak terjadi hal yang sama ketika dia menyentuh orang lain.

Bagi kalian penggemar romansa, sudah sangat boleh menonton drama ini, yaa karena kepolosan Min-Kyu yang tidak pernah berkencan membuatnya seru dan lucu untuk dinikmati. Tidak hanya bagi main cast-nya, ada juga pasangan lainnya yang bisa disaksikan. 😁😁. Ada Bromance antara Min-Kyu dan tim Santa Maria yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Sangat-sangat tidak bisa diabaikan! Antara Hoktal dan Ssanip yang selalu berebutan, lebih seperti hyeong-dongsaeng. Antara Min-Kyu dan Jin-Bae juga bisa dijadikan pilihan untuk tertawa. Persahabatan Aji 3 dan tim Santa Maria plus Min-Kyu dan Ji-A juga terasa menarik, apalagi ketika mereka menyampaikan salam terakhir untuk Aji 3, sedihhh😭. Drama ini juga memperlihatkan, bahwa mereka yang datang di kehidupanmu bukan tanpa alasan. Aah… tolong sadarkan Ai dari pembahasan ini

Ada yang Ai sukai dari drama ini, bukan seseorang, melainkan sebuah tempat. Yup! Rumah kediaman Min-Kyu sangat-sangat bisa menjadi rumah impian. Pokoknya Geudeee banget! Dihuni sendirian? Oh My … Selain itu, fasilitas dalam rumah itu serba canggih dan serba otomatis, ya sangat memungkinkan sih, dikarenakan masalah yang dihadapi Min-Kyu sendiri. Selain itu, halaman yang luas bisa seluas lapangan bo’, bisa kurus kalau keliling halaman rumah dengan jalan kaki, ditambah game yang ada di rumahnya, lengkap sudah kemewahannya.😆 Mungkin tanpa disadari Min-Kyu, rumahnya ternyata akan dan telah menjadi dunia bagi Min-Kyu.

Selalu Ai mengingatkan, eh salah, untuk kali ini, Ai tidak akan menggunakan kalimat itu, karena Ai sangat menikmati drama ini, akting para pemain juara. Yoo Seung-Ho, akting yang selalu kunantikan ditiap dramanya, mau senang atau sedih tetap saja penonton dibuat ikut senyum dan ikut nangis. Atau hanya Ai? Tidak mungkin. Seung-Ho always punya karisma di setiap karakter yang diperankannya. Ah iya, ini sepertinya drama pertama dengan genre komedi romantis yang diperankannya. Uuuuh. Ucuul. Eh, mau bahas Seung-Ho saja? *plak. Chae Soo-Bin, meski masih baru menjadi pemeran utama, tapi aktingnya patut diberi dua jempol. Ji-A dan Aji 3 terlihat berbeda meski dimainkan oleh pemain yang sama. Uhm Ki-Joon, yang biasanya berperan dengan karakter serius, di drama ini kita bisa melihat sisi lainnya dalam drama. Yoksii! Ahjussi berpengalaman mah beda. Meski tidak terlalu dibahas, akting Kang Ki-Young juga terbilang lucu, yaa karena gak nyangka saja, dia bisa akting serius seperti itu dan masih banyak lagi. Huaaa… semua pemainnya mantap dah.👍

So, kesimpulannya, akankah kalian akan menontonnya? Ai merekomendasikan drama ini kepada kalian yang menyukai drama komedi romantis dengan alur yang ringan, sangat menyukai chemistry diantara para pemain dan tertarik mengenai kerja sama tim / persahabatan serta kesetiaan. Tapi tidak direkomendasikan bagi mereka yang tidak suka hal romantis. Se-simple itu. Hehehe…

Ada nilai kemanusiaan yang dapat diambil dari drama ini, diantaranya ada di bawah ini, selebihnya kalian bisa simpulkan sendiri setelah menonton dramanyaa...
  1. Tidak ada orang yang mampu hidup sendiri. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Interaksi antarmansia, penghargaan dan kasih sayang merupakan kebutuhan dasar yang tak bisa diingkari. Jadi, tidak perlu merasa sombong dengan merasa bisa hidup tanpa orang lain.
  2. Jangan takut membuka diri pada orang lain. Orang lain tidak akan mengetahui kesulitanmu jika kamu tidak berbicara. Tak mudah memang, tapi lebih baik berbagi dengan orang yang kamu percaya, setidaknya itu membuatmu sedikit lega. Jika tak menemukannya, maka curhatlah pada penciptamu.
  3. Selalu mencoba untuk memahami perasaan orang lain. Tidak hanya Aji 3 yang dilengkapi sensor untuk membaca ekspresi seseorang. Setiap manusia punya hati nurani yang perlu digunakan untuk memahami perasaan orang lain, coba melihat dari sisi yang dia lihat.
  4. Katakanlah kebenaran meskipun pahit. Semua orang menyukai kebenaran, meski akan terasa menyakitkan ketika diketahui, namun rasa sakitnya bisa berangsur menghilang dengan keberanian mengungkapkan segalanya dengan jujur.
  5. Percaya pada impian dan harapanmu. Impian yang berharga, mempunyai perjuangan berat dan spesial untuk menghadapinya. Seperti Ji-A dan Santa Maria yang terus bekerja keras agar impian besar dengan menciptakan sesuatu tercapai, juga seperti Min-Kyu yang penuh perjuangan berharap bisa sembuh dari penyakitnya.


Bonus Asumsi Ai:

Asumsi 1: Relasi Judul dan Drama

I’m Not a Robot. Yup! Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, “Saya bukan sebuah robot” atau “Saya bukan robot.” Ada beberapa asumsi yang bisa Ai ungkapkan:

Pertama. Jika dilihat dari konteks kalimatnya, maka kalimat ini sudah jelas mengarah kepada Jo Ji-A. Ji-A yang terus berada di samping Min-Kyu dan berinteraksi dengannya bukanlah sebuah robot tetapi seorang manusia yang seharusnya membuat Min-Kyu alergi. Ini menjelaskan bahwa penyakit Min-Kyu bisa disembuhkan. Alasannya? Karena tidak terjadi apa-apa ketika Min-Kyu berkontak fisik dengannya yang notabene adalah seorang manusia. Mungkin secara sederhananya, Min-Kyu bisa menerapkan padangan yang dilihatnya dari Ji-A kepada orang lain. Ini hanya salah satu tahap penyembuhan. Tapi jangan juga menganggap semua orang sebagai robot. Kan bisa brabe. 😅😅

Kedua. Aji 3 juga layak menjadi subjek dari kalimat ini. Hah? Padahal Aji 3 adalah sebuah robot. Ya. Aji 3 memang sebuah robot, tapi tidak seperti robot kebanyakan, ada berbagai fungsi yang diberikan padanya yang bahkan hampir menyerupai manusia. Ada banyak adegan yang terlihat bahwa Aji 3 bukan robot tapi lebih dari itu, salah satunya ketika Aji 3 tersesat tak tahu arah jalan pulang, *jangan nyanyi, apalagi saat diculik. Ntah mungkin karena diremehkan, sehingga banyak adegan yang berkaitan dengannya mengandung bawang 😭. Maka dari itu Ai masukkan Aji 3 ke dalam asumsi ini.  Orang yang belum mengenalnya akan mengira dia hanya sebuah robot, tapi dia lebih cerdas dari kebanyakan orang. 

Ketiga. Kim Min-Kyu masuk dalam hitungan Ai. Why? Ngaco, nih! Pemikiran ini baru saja datang disaat yang tidak terduga. Ai sendiri ngangguk-ngangguk setelah memikirkannya. Nah, dalam KBBI, robot dijelaskan sebagai ‘alat berupa orang-orangan dan sebagainya yang dapat bergerak (berbuat seperti manusia) yang dikendalikan oleh mesin’, mari kita garisbawahi ‘dikendalikan’. Dari kata itulah, Ai berpikir bahwa drama ini juga fokus pada permasalahan Min-Kyu yang memutuskan tidak hidup seperti robot, tidak ingin dikendalikan oleh siapa pun, apalagi oleh lawannya yang selalu mengintai sejak kematian orang tuanya. Karena dia bukan robot.

Itulah ketiga asumsi Ai, ya semoga semuanya dapat diterima oleh Man Temans. Kalau ada pendapat lain, cus bisa dikemukakan dikomentar.

Asumsi 2: Ending

Kalau kalian terus membaca bagian ini, maka jangan menyalahkan Ai, jika ada hal yang seharusnya tidak perlu / ingin kalian tahu.

Drama komedi romantis, jarang berakhir tragis, jadi kalian tenang saya. Hal ini juga terjadi dalam drama ini, hampir semua teratasi, tidak ada misteri yang disembunyikan. Tim Santa Maria dengan persetujuan yang lainnya akan mengubah Aji 3 menjadi robot baru. Min-Kyu dengan berani mengungkapkan penyakitnya pada publik. Kesalahpahaman antara Min-Kyu dan Yo Cheol berakhir dengan baik, ya dimana-mana yang namanya sahabat mah tak bisa dipisahkan. Min-Kyu dan Jin-Bae kembali bekerja sama, ini sih bromance-nya suka. Maaf, ini Seung-Ho bisa dapat gitu chemistry-nya sama yang lain. Dari segi romansa, masing-masing mendapatkan pasangan dan berakhir bahagia.

Setelah semua masalah berakhir dengan baik, waktunya kita beralih ke dua tahun setelahnya, tim Santa Maria akhirnya memperkenalkan robot baru dengan visual laki-laki, sayangnya tidak terlihat dari depan. Menurut Ai, robotnya akan berpenampilan seperti Min-Kyu, ya ini tebakan yaa, karena dari potongan rambut dan bagian kepala belakang mereka terlihat sama. Hehehehe. Kayak Ai kenal banget ama abang 😅. Lanjut, Jo Jin-Bae menjadi Direktur Pengelola. Ri-El dan Yo Cheol berhasil keluar dari tekanan orang tuanya dan akhirnya menjalin kisah bersama. Serta Jo Ji-A yang berhasil menandatangani kontrak pembeli luar negeri atas penemuan lampunya.

Meski tak diperlihatkan kebersamaan mereka semua di akhir, tapi dari adegan yang sebelumnya ketika mereka terburu-buru menuju suatu tempat, dapat disimpulkan bahwa mereka menuju rumah Min-Kyu dan berkumpul merayakan kepulangan Min-Kyu dari wajib militer. Yaaa. Akhirnya Min-Kyu dapat menjalani wajib militernya, ini merupakan masalah awal yang terjawab di akhir episode.

Happy Ending, Keutt ~ ~ ~

Satu orang sudah cukup untuk menahan seseorang pergi. Kami mencari satu orang itu dan berhaeap bisa menjadi satu untuk orang lain. Orang itu bisa menjadi satu-satunya makna dalam hidupku. Aku harap orang itu menjadi bintang yang menerangi jalanku. Kau mungkin sudah menjadi seseorang dan satu-satunya special – Jo Ji-A

Jadi, tinggal Man Temans yang menentukan. Yes or No?

Mungkin cukup sekian dari Ai, semoga bisa bermanfaat, kalau ada yang ingin man temans tanyakan silakan sampaikan pada kotak komentar yang ada di bawah atau bisa juga melalui halaman contact blog ini. Terima kasih, selamat berkunjung kembali.
Ai (아이)
Ai (아이) Seorang amatiran yang mencoba menulis hal yang disukainya.

Post a Comment for "[#REDRAW] I'm Not a Robot (2017)"